Sabtu, 25 Februari 2012

Khas Ciamis

Jenis makanan khas Ciamis yang banyak diproduksi oleh masyarakat antara lain :

1. Galendo

Makan ini terbuat dari sari pati minyak kelapa yang mengendap pada waktu pembuatan minyak kelapa, seterusnya diolah menjadi makanan yang enak dan gurih. Sekarang Galendo telah dikembangkan baik rasa maupun kemasannya dan pemasarannyapun telah menembus kota-kota besar

2. Pindang Gunung

Pindang Gunung adalah makanan sejenis Sop Ikan yang mempunyai rasa berbeda karena campuran bumbunya yang khas. Jenis makanan ini banyak dijumpai di Ciamis selatan, khususnya Pangandaran, Parigi, Cijulang dan Cimerak.

3. Aneka Kerupuk

Bermacam jenis kerupuk ini banyak diproduksi di Kecamatan Cikoneng, pemasarannya ke Tasikmalaya, Bandung, Jakarta dan Lampung.

4. Gula Aren, Gula Kelapa

Gula Adalah gula merah yang dibuat dari buah pohon aren yang banyak diproduksi di Kecamatan Langkaplancar, Panjalu, Tambaksari Panumbangan dan Cikoneng. Daerah pemasarannya ke Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta.
Gula Kelapa adalah Gula Merah yang dibuat dari buah kelapa yang banyak diproduksi di Kecamatan Pangandaran, Pamarican, Cimerak, Lakbok, Sidamulih dan Padaherang. Daerah pemasarannya ke Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta.

5. Abon dan Dendeng Sapi

Makanan ini banyak diproduksi di Kecamatan Ciamis. Daerah pemasarannya ke Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta.

6. Sale Pisang

Sentra produksi Kecamatan Banjarsari, Padaherang, Cijeungjing dan Lakbok. Pemasaran yaitu ke Bandung dan Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Mouse Cheese - Lefty Cursors at www.totallyfreecursors.com